Minggu, 04 Maret 2012

Agar Nasi Anda terlihat Putih Bersih

Agar nasi terlihat putih bersih dan tidak cepat basi
Sering kali kita menemukan beras yang kita masak berwarna kecoklatan dan juga cepat basi (berbau apek), berikut ini akan saya berikan sedikit tips cara menanak nasi.
1. 1 ltr beras
2. air (secukupnya}
3. 1 btr.jeruk nipis
4. daun pandan (tambahan)

pertama cuci beras hingga bersih (bekas air cucian beras hendaknya tidak dibuang percuma tetapi disiramkan ke tanaman agar lebih subur pertumbuhannya). setelah bersih tambahkan air kurang lebih setinggi satu ruas jari telunjuk. peras jeruk nipis dan airnya di campur ke air yang sudah menerendam beras. tambahkan daun pandan bila ingin nasinya menjadi harum. langkah terakhir adalah menanaknya sampai matang.
selanjutnya adalah trik agar nasi tidak cepat basi. kebanyakan nasi cepat basi dikarenakan faktor pencucian beras yang kurang bersih, tempat menanak nasi yang kurang bersih dan terperangkapnya uap air di dalam rice cooker.
pastikan beras sudah tercuci dengan bersih dan alat masak yang di cuci dengan benar dan hygienis. dan untuk membebaskan uap air yang terperangkap dalam rice cooker, setelah nasi tanak buka penutup rice cooker buang air yang mengumpul di tutup.aduklah nasi yang telah tanak hingga uap air panas keluar.setelah uap air panas keluar, rice cooker bisa ditutup kembali atau di pindahkan ke magic jar.
demikian tips singkat dan sederhana dari saya, semoga berguna dan selamat mencoba
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tolong kritik dan sarannya ya